Cari Blog Ini

Senin, 16 Februari 2015

Tips Menjaga Kesehatan Telinga Cara Alami

Cara-cara alami menjaga kesehatan telinga, telinga merupakan organ yang penting yang ada pada tubuh Anda, oleh karena itu Anda harus memperhatikan beragam hal yang memang memiliki kaitan dengan kesehatan telinga, dan itu adalah hal yang wajib dilakukan kapanpun. Pada kesempatan artikel kali ini, kita akan membahas tentang tips-tips untuk menjaga kesehatan organ pendengaran Anda yang satu ini, sekiranya bermanfaat untuk Anda.
Menjaga kesehatan telinga 300x199 Tips menjaga kesehatan telinga cara alami
Cara tips menjaga kesehatan telinga
Telinga mempunyai sebuah fungsi utama bagi Anda untuk alat pendengaran, jika telinga terganggu otomatis pendengaran Anda pun menjadi terganggu. Dan biasanya dengan pola hidup yang sehat, maka telinga Anda tetap dapat terjaga kesehatannya. Pola hidup kali ini lebih berkaitan dengan lifestyle, karena ada beberapa lifestyle terbaru yang disukai remaja, yang ternyata bisa mengakibatkan kerusakan atau gangguan kesehatan telinga, bahkan bisa menyebabkan tuli. Jangan sampai karena telinga terganggu kesehatannya, aktivitas harian Anda menjadi terganggu juga, jagalah telinga supaya selalu tetap sehat. Sebuah masalah pada telinga seringkali dapat terjadi apabila Anda lengah serta kurang merawat organ telinga, yang mengakibatkan telinga menjadi serasa sakit bahkan jika cukup parah, fungsi pendengaran telinga bisa menurun, Anda tentu tak menginginkan hal ini terjadi bukan?

Kebiasaan Buruk Yang Mengganggu Organ Pendengaran Telinga

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk dan lifestyle yang dapat mengakibatkan kerusakan pada organ pendengaran atau telinga Anda. Mari kita pelajari dan hindari kebiasaan buruk di bawah ini:
Mendengarkan suara terlalu keras
Kebiasaan suka mendengarkan musik terlalu keras, yang biasa dilakukan oleh remaja ternyata bisa mengakibatkan gangguan pada telinga. Karena memang gendang telinga tak sanggup jika mendengar suara terlalu keras terlalu sering. Bisa jadi jika Anda terus melakukan kebiasaan buruk ini, fungsi pendengaran Anda akan menurun. Jadi, biasakanlah jangan mendengarkan suara terlalu keras. Jika memang di tempat bekerja, Anda berada di lingkungan dengan suara yang keras, contohnya di pabrik, maka Anda dapat membeli tutup telinga, dan menggunakannya ketika Anda berada di tempat bersuara bising tersebut, supaya organ pendengaran Anda tak terganggu.
Membersihkan telinga rutin
Salah satu cara untuk menjaga agar kesehatan telinga lebih terjaga dan tanpa menggunakan obat-obatan adalah dengan disiplin membersihkan bagian luar telinga Anda. itu karena telinga Anda memiliki lubang bersudut-sudut, dan ada bulu halus pada bagian tersebut, yang memiliki fungsi menahan kotoran supaya tak masuk pada bagian dalam telinga Anda. oleh karena itu, jangan sampai kotoran menumpuk, Anda bisa rutin membersihkan bagian luar telinga tersebut setiap hari.
Jangan membersihkan telinga bagian dalam
Anda jangan sampai tertipu oleh artikel yang menyebutkan membersihkan telinga bagian dalam, walaupun menggunakan cotton bud yang sifatnya lembut, tetapi membersihkan telinga bagian dalam sendiri tidak disarankan. Karena salah-salah Anda bisa melukai bagian dalam telinga Anda dan akhirnya telinga pun mengalami yang namanya [infeksi telinga] dan cara menyembuhkannya pun akan lebih sulit. Belum lagi jika Anda jauh dari kota, dan jauh dari dokter spesialis telinga. Walaupun beberapa artikel di luaran sana menganjurkan Anda tetap membersihkan telinga bagian dalam secara pelan-pelan, tetap saja resiko tergores itu ada, dan mengapa tidak menghindari resiko tersebut? Anda lebih baik pergi ke dokter spesialis THT ketika hendak membersihkan telinga, mereka memiliki alatnya sendiri, dan itu lebih aman sebab telinga bagian dalam Anda tak mungkin tergores, dan Anda bebas terhindari dari ancaman infeksi telinga. Sekian artikel tentang tips menjaga kesehatan telinga cara alami, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar